sejarah desa

  20 Maret 2017  |  DESA KEBAMAN

SEJARAH DESA

Menurut cerita dari seorang warga yang bernama Mbah Marsijan yang umurnya ± 100 Tahun, penduduk Desa Kebaman Kecamatan Srono. Desa Kebaman dulunya bersasal dari tanah babatan dari beberapa orang yang bernama : 1. Mas Shaleh, 2. Mas Blengur, 3. Mas Baji, 4. Mas Khahar, 5. Mas Katab, asal dari orang buangan ( selongan / daerah Banten ( Jawa Barat ). Berhubungan lima orang tersebut mbangkang / tidak menurut dengan Pemerintah Belanda, lalu orang – orang tersebut ditangkap dan terus dibuang di daerah Blambangan, setelah sampai di Blambangan, orang tersebut lalu di paksa untuk disuruh membabat tanah, dengan di jaga oleh kompeni Belanda dengan bersenjata lengkap, hari demi hari, bulan demi bulan terus berlalu, dengan kerja keras mereka berlima apa yang diharapkan oleh kompeni Belanda pun tercapai, terciptalah sebuah lahan yang luas yang siap dibuat suatu pemukiman untuk pemerintah Belanda, hasil  tanah babatan tersebut dinamakan Desa “ Kebaman “, dengan asal kata dari :

a. Keb            Asal kata dari orang tangkapan ( Buangan ).

b. Ba  Asal kata dari orang daerah Banten.

c. Man Asal kata dari orang yang membabat tanah itu.

Begitulah asal usul terbentuknya sebuah Desa yaitu Desa Kebaman. Yang sekarang dibagi menjadi beberapa Pedusunan, lima dusun yang ada  di Desa Kebaman Kecamatan Srono antara lain Dusun Kebaman, Dusun Srono, Dusun Krajan, Dusun Sukomukti, dan Dusun Blangkon. Pemerintahan Pusat ada diwilayah dusun Kebaman, Pemerintahan Desa Kebaman sudah 4 kali ganti Kepala Desa. Kepala Desa pertama bernama Marsijan beliau wafat digantikan oleh seseorang bernama Moh. Adjin. Lurah Adjin, begitu panggilan akrabnya masyarakat menyebut, beliau terbilang pejabat lurah terlama yang ada di desa Kebaman, beliau berhenti menjabat karena usia yang sudah begitu tua, dengan kondisi badan serta kesehatan mbah lurah Adjin tersebut yang sudah lemah karena usia maka diadakan pemilihan lurah di Desa Kebaman.

Dari hasil pemilihan Kepala Desa tersebut terpilih seorang Kepala Desa yang bernama Bapak Soekarjo, dua periode bapak Soekarjo (pensiunan ABRI,red) menjabat sebagai Kepala Desa Kebaman, setelah habisnya masa jabatan Bapak Soekarjo sebagai Kepala Desa Kebaman dan karena ada peraturan Pemerintah setelah 2 kali menjabat tidak diperbolehkan lagi mencalonkan diri sebagai Kepala Desa maka diadakannya lagi pemilihan calon Kepala Desa baru, dengan hasil pemilihan Kepala Desa, maka terpilihlah Kepala Desa baru yang bernama Bapak Suparman Edy. Pak Supar begitu masyarakat memanggil, beliaulah menjabat 2 kali periode selama 11 tahun, kemudian di tahun 2013 diadakan pemilihan kepala desa dengan 4 calon Kepala Desa yaitu, Adi Sucipto, Nanang Sirojuddin, Puji Utomo dan Sajito. Adapun dalam pemilihan tersebut dimenangkan oleh Bapak Adi Sucipto, Bapak Adi Sucipto menjabat sebagai Kepala Desa Kebaman periode 2014 sampai dengan 2019.

 

Sumber Data: Kantor Desa Kebaman Kec. Srono Kab. Banyuwangi

 

 

 

 

 

 

 

 

Contact Details

  Alamat :   Jalan Raya Srono - Pekulo Nomor 089
  Email : desa_kebaman@yahoo.co.id
  Telp. : 0333 - 3910227
  Instagram :
  Facebook : DESA KEBAMAN
  Twitter : desa_kebaman


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi